‘Eksplore Budaya Indonesia’, Cintai Indonesia Sembari Budayakan Hidup Sehat

Nyanyian Rakyat Kecil

‘Eksplore Budaya Indonesia’, Cintai Indonesia Sembari Budayakan Hidup Sehat

Mencintai budaya Indonesia bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain dengan melestarikan budaya Indonesia, bisa juga dengan membudayakan gaya hidup halal dan sehat. Kedua cara ini untungnya bisa juga dilakukan sekaligus.
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui produk Mixagrip Minggu (6/8) menggelar event Explore Budaya Indonesia. Pelaksanaannya dibarengi dengan kegiatan Gowes Pesona Nusantara dari Kementeriaan Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang diikuti oleh total oleh sekitar 5.000 peserta.
Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian program Mixagrip Cinta Budaya Sehat yang digelar di 12 titik di Indonesia. Kota-kota yang akan disambangi oleh acara ini adalah Banjarmasin, Serang, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta.
Peluncuran program ini sendiri dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan selebriti Laudya Cintya Bella, yang juga brand ambassador Mixagrip.
Tak hanya itu, kegiatan yang dilakukan di Lapangan Pondok Pinang Jakarta Selatan itu juga diramaikan dengan pembagian masker waspada flu dan batuk bagi masyarakat. Program Eksplore Budaya Indonesia akan ditutup pada Oktober mendatang di Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara.
“Mixagrip Explore Budaya Indonesia bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk meningkatkan budaya hidup sehat di masyarakat sekaligus mengenal dan mencintai budaya daerah Indonesia,” kata Feni Herawati, Deputy Marketing Direktur Consumer Health Division PT. Kalbe Farma Tbk.
“Kalbe mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk ikut mengekspresikan kecintaan terhadap budaya Indonesia melalui lomba foto bertemakan budaya Indonesia,“ kata Feni. 
Pada kesempatan yang sama, dr. Helmin Agustin, Medical Manager PT Kalbe Farma Tbk mengatakan bahwa kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini tergolong kurang aktif, sehingga daya tahan tubuh menurun dan menjadi rentan sakit termasuk terserang virus influenza yang menyebabkan flu dan batuk. “Untuk melatih otot pernafasan atas dan imunitas tubuh diperlukan olahraga yang rutin 150 menit dalam 1 minggu, sehingga tubuh kita akan lebih bugar” kata Helmin.
“Melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang kurang aktif, Kalbe juga mensosialisasikan Senam BuGar (Budaya Olahraga dan Tari) yaitu senam yang bertujuan untuk menguatkan otot saluran pernapasan atas sekaligus dikombinasikan dengan tari budaya daerah yang diambil mewakili pulau besar dari Sabang sampai Merauke,” kata Feni.
“Gerakan Senam BuGar yang diperkenalkan Kalbe ini memiliki gerakan yang sangat baik bagi tubuh. Selain mempunyai makna budaya tinggi, gerakannya juga banyak melatih otot dada dan perut serta kekuatan otot dari kepala sampai kaki sehingga tubuh kita dilatih untuk lebih bugar dan daya tahan tubuh yang lebih baik,” Helmin melanjutkan.
Menurut Helmin, masyarakat perlu diedukasi bagaimana cara penggunaan obat secara bijak, misalnya kebiasaan membeli antibiotik sendiri untuk mengobati penyakit flu dan batuk, padahal penyakit flu dan batuk berasal dari virus yang tidak perlu diobati dengan obat berjenis antibiotik.
“Tidak perlu mengkonsumsi antibiotik untuk mengobati penyakit flu dan batuk, namun minum obat flu dan batuk yang benar. Jika masih berlanjut konsultasikan dengan dokter. Selain itu, virus flu dan batuk itu mudah menular melalui medium udara jadi pakailah masker jika terkena flu dan batuk,” ujar dr. Helmin
Infeksi saluran pernapasan akut disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit ini diawali dengan panas disertai salah satu atau lebih gejala; tenggorokan sakit atau nyeri telan, pilek, batuk kering atau berdahak. Periode prevalensi ISPA dihitung dalam kurun waktu satu bulan terakhir.
Lima provinsi dengan ISPA tertinggi adalah Nusa Tenggara Timur (41,7 persen), Papua (31,1 persen), Aceh (30 persen), Nusa Tenggara Barat (28,3 persen) dan Jawa Timur (28,3 persen). Pada Riskesdas 2007, NTT juga merupakan provinsi tertinggi ISPA. (*)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: