Orasi Kesejahteraan Rakyat di Rakernas Organisasi Kesejahteraan Rakyat

Nyanyian Rakyat Kecil

Orasi Kesejahteraan Rakyat di Rakernas Organisasi Kesejahteraan Rakyat

Bismillah ….

Assalaamualaikum wr wb,
Salam Kesejahteraan bagi kita semua.

Yang saya hormati para undangan,

Yang saya banggakan seluruh Orkestrator Indonesia yang telah berkumpul di hari yang berbahagia ini.

Pertama, Mari kita semua berbelasungkawa dan memanjatkan doa kepada HadiratNya, Allah SWT untuk saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah di Nusa Tenggara Barat dan juga saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah. Disini hadir perwakilan Orkestra Provinsi NTB, namun dari Sulawesi Tengah berhalangan hadir.

Semoga saudara-saudara kita semua itu senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dan diberikan Kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. Amin.

Saudara-saudara sekalian, Orkestra dibentuk 4 tahun silam dengan gagasan menyatukan kekuatan dari nyanyian-nyanyian rakyat yang mengalami berbagai masalah kesejahteraan, dimana mereka sebagian tidak dapat menyanyikannya secara lantang dikarenakan berbagai alasan.

Setelah kemudian secara bersama kita gaungkan nyanyian tersebut, alhamdulillah perlahan-lahan satu demi satu masalah-masalah tersebut mendapatkan perhatian dari pihak-pihak yang bisa membantu. Walaupun tidak serta merta semua masalah-masalah ini langsung dapat terselesaikan dengan tuntas, bukan berarti kita akan berdiam diri saja membiarkannya.

Menyelesaikan masalah kesejahteraan rakyat adalah suatu perjuangan yang harus dilaksanakan secara kesinambungan. Sekali kita melangkah untuk berjuang, tidak ada kata berhenti atau mundur ke belakang.

Suatu perjuangan tidak pernah dapat diukur dan ditargetkan kapan akan berhasil. Bisa selesai dalam jangka yang cukup pendek, namun bisa juga menjadi suatu perjalanan yang sangat panjang. Dalam perjalanannya tidak semua yang berjuang pun dapat kemudian menikmati hasil dari perjuangan itu. Di situlah keikhlasan kita diuji dalam berjuang. Insya Allah dalam segala niat yang baik akan ada pahala yang terlimpah dari Allah yang Maha Kuasa.

Saudara-saudaraku semuanya,
Orkestra bercita-cita menjadi suryakanta dari terangkatnya nyanyian rakyat kecil sehingga dapat terdengar ke ruang publik. Dan kita akan tetap komit dalam koridor itu, sehingga Orkestra secara Organisasi menyatakan TIDAK AKAN TERLIBAT DALAM KEGIATAN POLITIK PRAKTIS.

Walau pun Orkestra pun tidak melarang para Orkestratornya untuk aktif berpolitik, sepanjang dalam koridor memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

Yang jelas bagi organisasi ini adalah sangat penting artinya untuk selalu membangun jaringan dari sabang sampai merauke di dalam konteks meningkatkan peran Orkestra agar lebih menjadi sangat berarti di Masyarakat Indonesia.

Dalam Rapat Kerja Nasional di tahun 2018 ini Orkestra fokus untuk memperkuat basis jejaring Organisasi ini. Dan juga melakukan pendidikan media sosial bagi seluruh pengurusnya. Agar kemudian jaringan nyata yang kuat dapat mudah melakukan silturahmi yang baik, bermartabat, dan bersahaja di dunia maya dalam bentuk media sosial.

Selain daripada itu, Orkestra pun membuat program kerja kesejahteraan untuk para pengurusnya untuk kembali membudayakan koperasi sebagai basis pembangunan ekonomi kerakyatan.

Koperasi harus senantiasa dibangun dan digalakan dengan dilakukan inovasi-inovasi baru di dalamnya agar terjadi evolusi yang adaptif bagi tumbuh kembangnya koperasi di Era Disruptive.

Era Disruptive, Revolusi Industri 4.0, akan menjadi peluang bagi terbentuknya kekuatan ekonomi baru. Namun juga rentan terciptanya eksploitasi baru manusia oleh manusia lainnya. Untuk itu Orkestra harus hadir dalam menjawab tantangan jaman tersebut.

Sekedar mengingatkan kita semua cita-cita dibentuknya negara ini dalam Pembukaan Undang Undang Dasar Tahun 1945, “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa,
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab,
  • Persatuan Indonesia, dan
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu,
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saudara-saudaraku yang saya muliakan,

Dengan demikian ijinkan Kami, Organisasi Kesejahteraan Rakyat menyatakan bahwa:

  1. Orkestra mendukung setiap kegiatan Pemerintah yang pro terhadap peningkatan dan pemerataan Kesejahteraan Rakyat. Baik di perkotaan maupun sampai ke desa-desa.
  2. Orkestra mendukung program pemerintah dalam membangun peradaban yang maju melalui pembangunan infrastruktur.
  3. Orkestra menolak terciptanya kemajuan ekonomi yang menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Karena pada hakekatnya Kesejahteraan Umum itu harus dapat dinikmati secara menyeluruh oleh segala lapisan Masyarakat Indonesia secara konstitusional.Orkestra menolak berbagai bentuk penindasan dan eksploitasi golongan yang tidak mampu.

5. Orkestra akan secara persistent berjuang untuk tercapainya Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saudara-saudaraku yang terhormat…
Ke lima pernyataan di atas, adalah komitmen kami para Orkestrator yang akan kami senantiasa jalankan secara ikhlas. Kami mohon doa dan dukungan semua pihak dalam menjalankan niat dan perjuangan kami ini.

Hadirin Sekalian ….
Jika pada hari ini di tahun 1965 terjadi suatu gerakan berdarah yang kemudian membawa Bangsa ini kepada suatu Pemerintahan Orde Baru …..

Insya Allah, pada hari ini dengan tanggal yang sama di tahun 2018 ini telah terjadi suatu gerakan Silaturahmi yang memperkuat persaudaraan kita semua untuk menyambut suatu ORDE KESEJAHTERAAN……
ORDE KESEJAHTERAAN RAKYAT …..

Semoga Allah Yang Maha Kuasa memberkati dan melindungi perjuangan kita semua.

Allahu Akbar!

Wabillahitaufik walhidayah

Wassalaamualakum wr wb

Salam Kesejahteraan,
Poempida Hidayatulloh
Ketua Umum Organisasi Kesejahteraan Rakyat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: