Lingkungan Hidup & SDA

Nyanyian Rakyat Kecil

Orkestra berpinsip bahwa pelestarian dalam pengelolaan sumber daya alam berfungsi untuk melestarikan daya dukung lingkungan yang dapat menopang kebutuhan akan kehidupan makhluk hidup.

Bahwa dalam pembangunan sumber daya alam, Orkestra harus selalu berwawasan lingkungan, yaitu:

  1. melakukan upaya sadar dan terencana menggunakan dan mengelola sumber daya alam secara bijaksana;
  2. berpegang teguh pada pembangunan yang berkesinambungan untuk menjamin ketersediaan dan kelangsungan hidup generasi masa datang; dan
  3. senantiasa meningkatkan mutu hidup.

Hal ini disebabkan oleh masalah serius dalam bidang pembangunan, terutama dampaknya terhadap lingkungan hidup:

a. Masalah lingkungan hidup di Indonesia di berbagai tempat mulai kehilangan keseimbangan. Faktor penyebab tidak adanya keseimbangan adalah: (a) adanya ledakan penduduk sehingga jumlah penduduk bertambah banyak; (b) pemanfaatan sumber daya alam yang tidak menghiraukan kelestariannya.

b. Pemanfaatan, pemeliharaan, dan kelestarian lingkungan harus dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang. Itulah sebabnya sumber daya alam harus dikelola secara berkesinambungan dalam proses pembangunan jangka panjang harus dapat dirasakan dari generasi ke generasi berikutnya.

c. Membangun masyarakat Pancasila, yaitu memuat ciri-ciri hubungan, baik manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.

Secara keseluruhan, Orkestra akan berperan aktif turut serta dalam proses pembangunan manusia Indonesia yang utuh, seimbang dan selaras. Semua itu dapat dicapai melalui berbagai program-program bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup.

%d blogger menyukai ini: